• Friday 26 July 2013

    TimNas Indonesia Kalah (lagi), Pro Kontra dan Harapan

    Dalam satu bulan ini, Indonesia didatangi oleh 3 klub top eropa dari liga Inggris. Diawali dengan kunjungan Arsenal, Liverpool, dan Chelsea menjadi klub terakhir yang menguji coba kekuatan pemain TimNas Indonesia pilihan. Hal ini membuat para pemain TimNas bersama klub papan atas negeri Ratu Elisabeth ini serasa mengikuti kompetisi EPL (English Premiere League).

    Dari ketiga uji coba ini, TimNas Indonesia selalu menelan kekalahan. Berikut skor akhir pertandingannya :

    Indonesia Dream Team vs Arsenal : Skor 0 - 7
    Indonesia XI vs Liverpool : Skor 0 - 2
    Indonesia BNI All Star vs Chelsea : Skor 1 - 8

    Dari setiap pertandingan, dengan faktor utama yang menjadi alasan adalah "beda kelas" tampak hasil akhir yang didapatkan begitu mencolok.

    Mulailah hal ini menjadi pro dan kontra, akan kunjungan klub-klub ternama liga Inggris ini ke Indonesia. Dari berbagai media, gw mencoba merangkum apa yang bisa didapat dari uji coba laga persahabatan ini.

    Buat yang Pro dengan kedatangan klub asing ini, berikut alasan mereka :
    - Sebagai bahan pembelajaran buat TimNas dari segi teknik dan cara bermain.
    - Menambah pengalaman internasional para pemain.
    - Menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara besar yang mayoritas masyarakatnya pecinta olahraga sepakbola.
    - Menjadi ajang pelepas rasa penasaran dan pembuktian fanatistik terhadap sebuah klub
    - Meningkatkan semangat dan optimisme tinggi menjelang laga pertandingan selanjutnya di level Asia.

    Buat yang Kontra, sebagian alasan muncul karena berbagai kondisi sepakbola di Tanah air yang mengkhawatirkan dan skor hasil akhir pertandingan yang menjadi cermin jalannya permainan TimNas Indonesia, berikut alasan mereka :
    - Kedatangan klub liga Inggris ini bertujuan utama untuk mengeruk keuntungan semata, dari tingginya minat dan animo masyarakat.
    - Perbedaan kelas permainan yang jauh diatas level TimNas, tidak bisa memberikan penilaian terhadap kemajuan yang sudah dicapai atau tidak dapat dijadikan bahan evaluasi secara keseluruhan.
    - Hasil akhir pertandingan, dikhawatirkan membuat para pemain trauma mengalami pesimisme atau penurunan semangat, mengingat gawang kebobolan dengan skor yang cukup telak.

    Sebagai masyarakat Indonesia, gw pun merasa senang dengan banyaknya kunjungan klub papan atas liga Inggris. Dan tidak ada satupun dari warga Indonesia yang menurut gw menolak agenda pertandingan yang luar biasa dan jarang terjadi seperti ini. 

    Bagus dan mantap nya permainan klub Inggris ini, perlu menjadi contoh buat banyak klub Indonesia dan khususnya TimNas Indonesia untuk berprestasi di level internasional. Untuk saat ini janganlah berpikir terlalu jauh, bisa merajai kawasan Asia Tenggara saja sudah sangat membanggakan seluruh rakyat Indonesia, kemudian lanjut ke level kawasan Asia untuk bergabung bersama Tim Elit seperti Jepang, Korea Selatan, dan Iran yang sering menjadi langganan ikut kedalam ajang Piala Dunia.

    Tentulah sudah lama sekali, penduduk diseluruh pelosok Indonesia, bermimpi dan berharap agar kelak nantinya TimNas Indonesia menjadi kebanggaan negara.

    Hal yang perlu dievaluasi melihat dari kejadian beberapa tahun ini di persepakbolaan Indonesia, adalah sebagai berikut :


    - PSSI, sebagai wadah badan sepakbola utama di Indonesia, perlu manajemen yang kuat terutama dari kepengurusan terlebih dahulu. Para pemimpin PSSI diharapkan adalah orang yang mengerti, paham, dan berniat serta bercita-cita untuk memajukan sepakbola dikancah dunia. Jangan sekali-kali menyelipkan politik dalam olahraga, hal ini sungguh hina, walaupun bukanlah hal yang salah secara kaprah.  Di bulan puasa ramadhan ini gw berdo'a : semoga kepengurusan PSSI kelak diberikan kemudahan dan kelancaran dalam memberikan pelayanan demi kemajuan TimNas dan persepakbolaan Indonesia, dijauhkan dari korupsi, dan bisa memberikan solusi terbaik buat olahraga yang sangat dicintai negeri ini.

    - Klub Liga-liga Indonesia, sebagai penyumbang pemain terbaik dan atlet pilihan yang nantinya menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Sejauh ini sudah berjalan cukup baik, dengan mulai dikurangi dan bahkan ditiadakannya dana bantuan APBD untuk klub, sehingga menggunakan dana dari sponsor klub. Semoga : tidak ada lagi kasus pemain klub liga Indonesia yang gajinya belum dibayar bahkan mengalami tunggakan gaj yang cukup lama. Apalagi hingga nyawa pemain melayang (meninggal) karena gaji yang tidak mampu dibayarkan oleh klub. Terjadinya iklim kompetisi yang nyaman dan berkualitas untuk meningkatkan level permainan.

    -Pelatih TimNas, yang telah diberikan amanah luar biasa untuk mengangkat harkat dan derajat sepakbola Indonesia. Gunakan segala taktik, akal, dan pikiran kalian untuk memberikan permainan TimNas yang tidak hanya cantik enak dilihat namun efektif dan meberikan banyak gol yang membanggakan seluruh rakyat Indonesia.

    - Para pemain sepakbola, baik level klub hingga TimNas, kalian adalah orang pilihan dari rakyat Indonesia yang jumlahnya mencapai kurang lebih 230 juta jiwa. Jadilah kebanggan bangsa, dengan bermain maksimal, curahkan seluruh kemampuan, tidak takut dan minder dengan lawan, jadikan kekalahan selama ini sebagai pembelajaran, berjuanglah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya. Dan Ingat!!! Janganlah mau disuap untuk hal bodoh yang merugikan bangsa dan tentunya diri kalian sendiri.


    - Para suporter TimNas, yang selalu mendukung walau pun kondisi permainan naik turun, Teruslah selalu memberikan dukungan kepada para pemain, pelatih, staff, dan tentunya sepakbola Indonesia, tanpa kalian TimNas tidaklah semeriah dan bersemangat mengahadapi pertandingan. Berlakulah sportif dan tidak melakukan hal-hal yang merusak stadion atau fasilitas sepakbola, berlakulah rukun dan berjuang bersama sesama suporter, tidak ada lagi aksi tawuran terlebih lagi anarkis.

    Sudah lumayan banyak karakter kata yang gw gunakan dalam cerita kali ini, Semoga TimNas Indonesia memberikan prestasi yang memberikan angin segar ditengah hiruk pikuk nya kejenuhan rakyat dengan dunia di Indonesia.

    Apabila ada kata yang kurang berkenan atau ada sran yang bisa memajukan persepakbolaan Indonesia, bisa memberikan komentar di blog ini.

    Akhir kata, Bravo sepakbola Indonesia!!!
    :)

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan anda beri komentar dengan menggunakan kata yang baik, tidak SARA, berwawasan, boleh juga diselingi dengan humor yang cerdas :) Terima kasih (y)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...