• Wednesday 23 November 2011

    pengaruh penebangan hutan di daerah hulu DAS terhadap banjir yang terjadi di daerah hilir

    Pendahuluan



    Latar Belakang Masalah
    1. Peran hutan dalam memelihara pasokan air, memberi perlindungan tanah dalam suatu daerah aliran sungai, serta meminimalkan pengaruh bencana banjir dan longsor di daerah hilir.
    2. Penebangan hutan secara liar di daerah hulu juga akan memberikan dampak pada daerah hilir, berupa meningkatnya laju erosi dan sedimentasi di sungai.


    Tujuan
    1. Untuk mengetahui fungsi hutan dalam hal fungsi hidrologis.
    2. Untuk mengetahui pengaruh penebangan hutan di daerah hulu terhadap banjir di daerah hilir terkait kawasan hutan membentuk Daerah Aliran Sungai (DAS).
    3. Upaya yang Dilakukan Untuk Mencegah Penebangan Hutan.



    Fungsi Hutan :
    1. Hutan sangatlah diperlukan bagi pengaturan aliran air sungai dan mengurangi kecepatan aliran permukaan.
    2. Hutan berfungsi menyerap air melalui proses fotosintesa dan menyimpannya dalam perakaran (dalam tanah).
    3. Hutan sangat berperan dalam daur hidrologi sebagai penahan air sebelum mencapai permukaan tanah untuk kemudian diserap dalam proses infiltrasi.


    Hubungan Penebangan Hutan dan Banjir




    1. Penebangan hutan dipicu oleh tingginya permintaan pasar dunia terhadap kayu, meluasnya konversi hutan menjadi perkebunan sawit, korupsi dan tidak ada pengakuan terhadap hak rakyat dalam pengelolaan hutan.
    2. Tanpa adanya hutan tanah menjadi jenuh, karena jumlah air tanah berlimpah, dan volume limpasan air permukaan pun debitnya akan meningkat.


    3. Aktivitas perubahan tataguna lahan yang dilaksanakan di daerah hulu DAS akan menimbulkan dampak di daerah hilir, seperti: perubahan fluktuasi debit air, transport sediment dan material terlarut dalam sistem aliran air lainnya.
    4. Dengan semakin berkurangnya jumlah hutan, maka sebagian besar daerah hilir merupakan kawasan yang rentan akan bencana, seperti kekeringan, tanah longsor dan banjir.



    Proses Terjadinya Banjir Akibat dari Penebangan Hutan

    Penebangan hutan --> Erosi --> Sedimentasi --> Banjir


    Penebangan hutan menjadi penyebab utama terjadinya banjir. Penebangan liar yang terjadi di suatu kawasan hutan menyebabkan tanah dikawasan tersebut jenuh air, tanah yang jenuh air yaitu tanah yang kemampuan menyerap/menampung air nya berkurang. Akibat hal tersebut terjadilah limpasan permukaan yang kemudian mengakibatkan erosi.

    Jika keadaan tersebut berlangsung terus menerus dalam kurun waktu tertentu, maka erosi yang terjadi akan membawa sedimen-sedimen ke daerah sungai bagian hulu dan sedimen-sedimen tersebut akan mengalami proses sedimentasi di daerah sungai bagian hilir. Sedimentasi yang terjadi akan menyebabkan pendangkalan sungai dan penurunan daya tampung sungai. Ketika hujan terjadi dengan intensitas yang tinggi, sungai tidak mampu menampung debit air yang ada. Karena kapasitas tampungan sungai akibat pendangkalan dasar sungai menurun yang dikarenakan proses sedimentasi tadi, maka terjadilah banjir.


    Upaya yang Dilakukan Untuk Mencegah Penebangan Hutan
    1. Perlu adanya bimbingan dan penyuluhan kepada penduduk setempat tentang betapa pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan semua umat.
    2. Melakukan sistem tebang pilih dan setiap menebang satu pohon, harus segera mengganti dengan menanam pohon kembali sebanyak satu pohon.
    3. Melakukan pembenahan terhadap sistem hukum yang mengatur tentang pengelolaan hutan menuju sistem hukum yang responsif.
    4. Perlu adanya suatu program peningkatan peranan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian hutan.
    5. Membentuk suatu kelompok peduli hutan dalam masyarakat yang bertugas memantau keadaan hutan di sekitarnya dan melakukan pelestarian hutan.
    6. Melakukan program reboisasi secara rutin.
    7. Perlu adanya inovasi pelatihan keterampilan kerja di masyarakat secara gratis dan rutin dari pihak-pihak yang terkait.

    TERIMA KASIH
    SEMOGA BERMANFAAT



    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan anda beri komentar dengan menggunakan kata yang baik, tidak SARA, berwawasan, boleh juga diselingi dengan humor yang cerdas :) Terima kasih (y)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...