• Tuesday 4 December 2012

    EPT , TOEFL ???

    Apa itu EPT? Apa itu TOEFL? Dan apa arti dari semua hal itu? ahahaha., penuh tanda tanya?

    Dalam minggu ini gue (subjeknya pake "gue") lagi aktifnya ikutin les bahasa Inggris di balai bahasa universitas gue. Kenapa gue yang udah mahasiswa tingkat akhir ini mau ambil bagian dalam les ini? Apakah les ini semacam les belajar bahasa Inggris kek elementary school atau sekolah dasar., hehehe.

    Belajarnya seperti ini ::
    Q : "How are you?"
    A : "I'm fine, thank you. And you?"
    Q : "I'm fine too, thank you".
    Dan kemudian perbincangan berakhir dalam sekejap mata., bingung mau ngobrolin apa an lagi., ahahaha.

    Tapi bukan dan jauh seperti percakapan diatas., gue ikut les bahasa Inggris biar gue bisa mulus meluncur di EPT buat syarat kelulusan wisuda gue. Yap., EPT itu kependekan dari English Proficient Test atau dalam bahasa Indonesia nya lebih kurang :: Tes Kemampuan bahasa Inggris.

    EPT ini sebenernya tes kemampuan mirip TOEFL cuma beda kelas dan derajatnya. TOEFL itu pun kependekan dari Test Of English as Foreign Language atau dalam bahasa yang paling umum digunakan di Asia Tenggara adalah :: Tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

    Di Indonesia ini untungnya bahasa Inggris bukanlah bahasa kedua utama yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahasa Inggris masih dianggap sebagai bahasa asing yang butuh pembelajaran lebih lanjut lagi. Masih ada bahasa daerah yang membumi ditanah air ini. Seandainya pun bahasa Inggris digunakan sehari-hari, gak terbayang bagaimana cepatnya musnah hilang tak berbekas lagi bahasa daerah. Ditambah lagi sekarang bahasa Indonesia yang terkontaminasi dengan bahayanya bahasa alay dan anak bayi yang baru mau berbicara. Contohnya saja :: 4Quuhhh dAn K4Mu33hh., Ciuss miapah., dll. Makin miris lihat bangsa ini.

    Kembali lagi ke topik awal ......... tik tok tik tok
    Untuk syarat lulus wisuda dan berlangsungnya ujian komprehensif, gue mesti mencapai nilai minimal 450 untuk EPT. Tes kemampuan bahasa Inggris tapi levelnya masih dibawah TOEFL.Ada tiga macam tes yang perlu dilalui yaitu :: Listening., Structure, dan Reading. Total seluruhnya ada 140 soal yang perlu diselesain dalam waktu 115 menit., hmm. Gak ada waktu lebih dari 1 menit buat 1 soal., iya kan? ya iya lah.

    Sudah beberapa temen gue juga langsung ikut tes EPT tanpa ikut bimbingan les kek gue gini., tapi mereka berhasil nyaris lulus. Ada yang nilai nya 435., 430., dll. Nyaris. Bahkan ada juga yang sudah lebih dari dua kali ambil tes langsung tetep juga gak lulus. Jadinya gue ambil kesimpulan taktis, mungkin perlu belajar lebih lagi., mungkin ada tips trik dan cara menjawab soal tesnya dengan baik dan benar. Jadi gue ikut les bahasa Inggris di balai bahasa universitas gue.

    Gue ikut les mulai dari jam 9 pagi sampai selesai., sampai kapan kah selesainya itu?., ya sampai para pesertanya sudah mulai terserang rasa kantuk akibat cekokan dari suapan penuh bahasa Inggris yang mirip Bahasa antah berantah  dalam otak kepala.


    Dari les ini gue sadari kemampuan bahasa Inggris gue masih jauh banget dari kata bagus. Kalo ada persentasi nilai dari 1 -5, saat ini nilai gue masih 2., ckckck. Bahasa Inggris pasif yang dominan gue kuasai ketimbang bahasa Inggris aktif yang cuap-cuap bubbling ke orang lain tanpa gagu EEEE., AAAA., terus biingung mau bilang apa dan gimana.

    Disaat gue sering nonton film dengan subtitle bahasa Inggris atau tanpa subtittle sekalipun gue masih bisa ngarti in apa maksud yang dibicarain dalam tuh film. Atau setidaknya ada lirik lagu dalam bahasa Inggris gue masih bisa nerjemahinnya. Kalo ada orang lain pun ngomong apa dalam bahasa Inggris gue ngerti apa yang mereka obrolin.

    Harapan gue dari les bahasa Inggris buat EPT ini semoga melatih gue tau aktif bicara lancar bahasa Inggris., dan terlebih lagi gue bisa lulus dari tes yang butuh perjuangan ini.

    Ntar gue share bagi-bagi ilmu yang gue dapet dari les., untuk postingan kali ini cukup sekian dulu. Do'a kan aku., fighting !!! :) :) :)

    4 comments:

    Silahkan anda beri komentar dengan menggunakan kata yang baik, tidak SARA, berwawasan, boleh juga diselingi dengan humor yang cerdas :) Terima kasih (y)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...