• Tuesday 9 July 2013

    Cerita awal puasa

    Hari ini awal puasa ramadhan 1434 H, alhamdulillah masih bisa menjalankan ibadah puasa, semoga bisa menyelesaikan hingga idul fitri dengan penuh berkah, aamiin :)

    Kalo ngomongin soal awal puasa ini, pasti ada aja berita penetapan tanggal 1 ramadhan di berbagai media massa. Heboh dengan yang namanya HILAL, entah kenapa tiap tahun selalu di cariin sama semua orang. Hilal akhirnya telah ditemukan, ternyata selama masa pencarian dia tidur, jadi gak ketemu, berarti hari ini tanggal 10 juli 2013 sudah bisa melakukan ibadah puasa. Ini penampakan hilal ... hhe :)

    HILAL sedang tidur :)

     Luar biasa orang tuanya si hilal, kasi nama anaknya yg akan selalu di inget orang., hehehe.


     Selain itu ada sidang isbat yang dihadiri menteri agama beserta jajarannya, ormas islam, dan beberapa petinggi negara islam lainnya. Dan ketok palu sah nya penetapan 1 ramadhan pukul 19.00 WIB, gak efektif kalo menurut gw. Terburu-buru banget rasanya kalo tetiba pengumman langsung mau sholat terawih, besoknya puasa. Kalo indonesia bagian barat masih oke-oke saja, perlu diperhatikan juga indonesia bagian timur yg perbedaan waktunya hampir 2 jam dengan wilayah barat., hmm. Sebenernya ada berbagai macam metode yg bisa digunakan untuk menentukan awal puasa ramadhan, semoga pemerintah tahun depan dan kedepan nya nanti bisa menetapkan kebijakan yg cepat dan tepat, dan tidak menyulitkan warga masyarakat akan perselisihan pendapat, dan kebahagian rakyat indonesia dalam menyambut bulan puasa ramadhan. *panjang bener gw nulis nya :D ahaha

    Back to the topic.,
    Kali ini gw mau cerita tentang awal ramadhan gw hampir selama 5 tahun belakangan ini, | iya, dan kenapa harus 5 tahun? | karena kalo ampe 17 tahun yg lalu mau gw ceritain gw udah lupa entah apa yg gw lakuin pas bulan puasanya., ahahahaha

    _yo, kita mulai dari tahun 2008/2009
    kehidupan gw yg dulunya aman tenang dirumah, jadi siswa SMA Negeri 1 Muara Enim, berangkat pagi pulang sore menuntut ilmu di bangku sekolahan.,pada tahun ini semua
    berubah!!! iya, berubah banget! Hal ini terjadi semenjak negara api menyerang ..... (-_-)" #halah *lelucon lama., ahaha :D

    gw jadi tinggal di kostan ukuran kamar mungkin 3x4 m (udah mirip pas foto), atau malah lebih sempit dari itu., hidup di negeri antah berantah., makan mesti nyari keluar dulu, menuntut ilmu gak pake seragam., yup, bener sekali, gw jadi MAHASISWA., :) *bangga #kalo di dragoon ball mungkin mahasiswa itu super saiya ke 4 dari ukuran seorang siswa (logika gw aja)

    2008, gw jadi mahasiswa teknik sipil, universitas lampung. Dan pada saat awal puasa gw dalam rangka pengenalan anak baru dengan dunia kampus, perkuliahan, dan tentu saja senior. istilah kata ospek., tp klo tempat gw nama nya propti. beda nama isinya sama :) angkatan gw sendiri jd pemecah rekor dalam lama mengikuti propti ini, yaitu sampai 2 bulan. Dari sebelum puasa, lanjut habis lebaran, sampai sesudah lebaran. #super

    Yah, banyak cerita selama propti mulai dari suka duka ampe bahagia. Yang paling unik nya, gw pertama kali melihat dan merasakan apa itu pantai dan laut, ya saat bulan puasa di tahun ini. Maklum, di tempat gw (tanjung enim) gak ada namanya laut, yg ada sungai, tambang batubara kalo elu mau berenang., jiahahaa.

    di pantai mutun :D


    _lanjut ke tahun 2009/2010
     jadi mahasiswa teknik sipil, kalo menurut gw pasti pernah ngerasain apa yg namanya SP (semester pendek), dan gunanya SP ini buat remedial, memperbaiki mata kuliah yang nilai D dan E. Mata kuliah langganan buat SP biasanya langsung udah ada jadwal tetapnya, ibarat warteg yg jual nasi uduk pasti banyak pelangggan nya mahasiswa *gak sinkron

    oke, dan gw yg mahasiswa teknik sipil ikut merasakan SP yg luar biasa di bulan puasa, gw mengulang mata kuliah matematika 1 dan mekanika rekayasa 1, hmm, kek nya cuma 2 mata kuliah ini., *lupa,hhe :D 

    2009, gw udah nyaman dan mulai ngerti jadi mahasiswa apalagi anak kost. Sebagian wilayah kampung baru udah dikuasain, area kampus juga oke, mulai banyak perkembangan di tahun ini. Kalo kost an masih di tempat yg sama namanya kost CM (cantik manis) >>> (-_-)" ntah kenapa pemilik kost memberi nama seperti ini, padahal anak kost nya kebanyakan dari teknik., bayangkan!

    kamar kost CM

    _lanjut ke tahun 2010/2011
     gw bukan lagi anak kost, tapi menjadi anak kontrakan., tapi tetep mental anak kost., ahaha. Di tahun ini gw pindah tempat tidur, mandi, dan ganti baju gw di perumahan kampus hijau residen, kedengeran nya elit ya., jelas :D karena pengen cari suasana baru dan sebenrnya udah mulai agak kurang betah tinggal di kost an yg lama, gw bareng 3 temen gw : teddy, dimas, ramdhan., sepakat dan setuju buat tinggal serumah, harga lebih murah kualitas terjamin #gak mau rugi

    jadi inilah rumah kontrakan gw ...

    kontrakan di kampus hijau residen
    dan tahun ini pun gw ikut SP (lagi), ditemenin si ramdhan juga yg waktu itu ikut remedial. Di rumah ini nih, gw jadi chef dadakan, masak sendiri buat menu sahur dan berbuka puasa. Cari bahan masakan di warung terus gw olah sendiri, dan gw sendiri herannya makan terasa enak-enak aja, apa mungkin karena gak ada makanan yg lain kali ya., ahahaha #sedih (T_T)

     kalo mau teraweh an mesti keluar jalan kaki cukup jauh, rumah kontrakan gw letaknya hampir paling ujung dari komplek, nomor rumah E12. Kalo ngesot bisa lebih lama lagi nyampe rumah nya., (-_-)"

    Enak nya di 2010 ini, gw bener2 nikmati jadi anak kost yg berasa punya rumah sendiri., hhe

    _lanjut ke tahun 2011/2012
    harga rumah kontrakan naik, melambung tinggi. Temen yg lain juga pd mau pindah, gw juga jadi cari tempat tinggal baru sebagai kediaman gw kelak. Cari sana-sini, akhirnya dapet juga kost an nyaman dan aman, gak ada nama kost nya. Jadi sebut saja kost nama si pemilik, kost an bang sopan.

    puasa 2011 ini gw masih menetap di kampung baru sebagai warga pendatang yang tampaknya wajah gw udah gak asing untuk dilihat., hho. Dan lagi (-_-)" , gw masih ikut SP perbaikan nilai mata kuliah gw yg nilai nya meluncur bebas menjadi E = 0., ckckck

    tahun ini pada banyak acara buka puasa bareng, gw yg anak kost senang riang gembira bukan maen., ahaha. Ikut organisasi BEM, temen seangkatan yg udah mulai ngerasa tua di kampus jadi ngadain acara kumpul bareng, ibu kost an yg baek, masjid2 di kampung baru yg rela kasi makanan berbuka buat anak kost, semua nya baek banget, jadi nya gw yg anak kost ini bisa bertahan hidup dan gak sendirian di lampung sana., ahahaha
     
    BukBer anak '08 di pecel lele M.Yusuf

    awal puasa lebih seru lagi, buat anak kost yg ada di kampung baru , FYI, tiap malem awal puasa ramadhan biasanya diadain acara kumpul bersama di masjid ar raudhoh yg deket rel itu. Habis sholat berjamaah dan berbagi informasi soal puasa, ada bagi makanan gratis juga bro~., ehhee. Lumayan kan buat lu makan sahur ntar, hemat dah tuh uang ceban #mentalHemat

    _lanjut ke tahun 2012/2013
    Alhamdulillah, syukur. Baru kali ini gw gak ngerasain SP., ahahaha *bangga. Kali ini gw puasa di rumah full ampe lebaran. Terasa banget nikmatnya, yg selama beberapa tahun ini gw puasa di negeri orang, makan sahur dan buka aja sussah dan perlu usaha dulu buat cari nya, di rumah gw bisa makan dan minum dengan mudah, ada nyokap gw yg baek hati masakin buat keluarga di rumah #sayang emak *peluk :)

    SP di ganti KP (kerja praktek), iya, gw KP jauh2 ikut proyek kecil di muara enim karena gw ingin puasa di rumah. Selama puasa, gw KP di proyek pembangunan gedung 2 lantai kantor badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa, muara enim., bareng temen gw si mey yg ngajakin buat KP di sana. Gedung ini heboh sendiri, dibangun ditepi pinggir jurang yg mungkin ada lebih 20 m. 

    KP di proyek
    puasa 2012 bisa kumpul bareng semua keluarga :)

    kumpul keluarga buka bersama
    dan tahun ini, 2013/2014
    gw menulis sekarang ini di rumah gw, dan alhamdulillah puasa tahun ini gw masih bisa berkumpul dengan keluarga :)

    Bahagiakanlah diri anda bersama orang yang anda sayangi 

    Tetap semangat menjalankan ibadah puasa, tingkatkan amalan pahala :)

    Ini ceritaku, apa ceritamu? 

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan anda beri komentar dengan menggunakan kata yang baik, tidak SARA, berwawasan, boleh juga diselingi dengan humor yang cerdas :) Terima kasih (y)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...